Inheritance
Hallo, perkenalkan nama saya Riska Mawardi saya baru saja belajar tentang inheritance, sebelumnya apasih yang dimaksud demean inheritance? Inheritance adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat menurunkan property dan method yang dimilikinya kepada class lain.

Agar lebih memahami tentang inheritance marilah kita liat contoh kasus inheritance berikut
Kasus 1. Tempatkan class Base dan class Class1 di direktori yang sama. Apa yang terjadi ketika Class1.java dikompile dan dijalankan jika sebelumnya Base.java belum dikompile? Jelaskan!
Pada saat class Manajer menurunkan atau memperluas (extend) class Class1, maka ia mewarisi sata member yang dipunyai oleh Class1. Dengen demikian, class Base  mempunyai data member yang diwarisi oleh Base  (base b), ditambah dengan data member yang ia punyai (amethod).
Konsep single inheritance hanya memperbolehkan suatu sublass mempunyai satu parent class. Single inheritance adalah subclass hanya dapat mempunyai satu kerja saja. Konsep single inheritance bisa dilihat pada gambar. Pada gambar tersebut bisa dilihat bahwa tiap class pasti memiliki hanya satu parent class. Java mengizinkan suatu sub class untuk memiliki anak lagi. Hal ini disebut dengan konsep multi lavel inheritance. Multi inheritance adalah memperbolehkan satu class memiliki lebih dari satu .
parent class, solusinya yaitu menggunakan interface. Contohnya class Kendaraan memiliki class anak yaitu Bermotor, dan class Bermotor memiliki class anak lagi yaitu Mobil dan Pesawat





















Nah itulah yang bisa saya sampaikan lewat blog saya, semoga bermanfaat bagi teman teman sekalian.


Comments